Diminum Seumur Hidup, Obat Pengencer Darah Aman Untuk Ginjal

JawaPos.com РSeorang pasien dengan riwayat penyakit jantung dan kardiovaskular seperti stroke biasanya diberikan obat pengencer darah. Umumnya dokter menganjurkan minum obat pengencer darah dalam jangka panjang hingga seumur hidup. 

Sejumlah mitos di masyarakat dikhawatirkan jika minum obat terlalu banyak akan berbahaya untuk organ lainnya seperti ginjal dan liver. Namun dokter menegaskan obat pengencer darah aman bagi ginjal jika diminum seumur hidup.

“Penggunaan jangka panjang obat pengencer darah? Saya anjurkan minum. Minum. Karena ada manfaatnya. Dosis sudah kami sesuaikan. Aman untuk fungsi ginjal. Dosis aman meski diminum seumur hidup,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Okki Ramadian Sp.PD baru-baru ini.

Obat pengencer darah terbagi dua. Yaitu obat antikoagulan dan antiplatelet. Obat pengencer darah baik antiplatelet dan antikoagulan direkomendasikan agar diminum pasien seumur hidup.

“Jika stroke itu kan ada sumbatan di otak. Dan tubuh pasien berarti sudah mengalami darah lebih kental. Maka di dunia medis kami butuhkan pengencer darah untuk pasien,” kata dr. Okki.

Menurutnya, obat tersebut aman diminum seumur hidup termasuk untuk ginjal. Tujuannya agar tak terjadi serangan stroke berulang.

“Bisa saja kalau obatnya dihentikan tapi sah-sah saja. Namun khawatir terjadi stroke berulang. Begitu juga jantung,” tuturnya.

Selain itu, kata dr. Okki, pasien wajib mengubah gaya hidup ke arah lebih sehat. Memang ada faktor risiko dari obat pengencer darah seperti perdarahan atau luka pada lambung. Namun dr. Okki menegaskan dokter sudah memberikan dosis yang sesuai untuk pasien.

(ika/JPC)