Sebelum Bercinta, Penting Ketahui Masa Subur Pasangan

JawaPos.com – Ketika pasangan suami istri mendambakan buah hati, biasanya mereka melakukan berbagai upaya medis. Salah satunya dengan mengecek ke dokter kandungan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi masing-masing.

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Selasa (20/11), pasutri harus memastikan kualitas sperma dan sel telur mereka tidak bermasalah. Cara lainnya dengan mengetahui masa subur pasangan masing-masing.

Untuk memastikan apakah kualitas sperma sudah baik, pria bisa menjalani tes analisis sperma guna mendeteksi ada masalah kesuburan atau tidak. Kemudian agar cepat hamil, maka harus berhubungan seks di waktu yang tepat sehingga sperma dapat bertemu sel telur.

Sel telur akan dilepaskan saat perempuan memasuki masa suburnya. Pelepasan telur normalnya hanya terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur hanya terjadi selama beberapa hari.

Jika tidak mengetahui kapan masa subur, mungkin lebih sulit hamil meski sudah sering berhubungan intim. Selain itu, calon ibu juga harus benar-benar memastikan kesehatan dan mempersiapkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin nantinya. Misalnya, memenuhi asupan folat dan makan makanan yang meningkatkan kesuburan.

Sebab pasangan suami istri yang ingin cepat memiliki momongan, bukan hanya ditentukan dari seberapa sering frekuensi bercinta dilakukan, akan tetapi juga bisa dipengaruhi dari asupan yang dikonsumsi. Makanan penuh gizi ternyata bisa meningkatkan kesuburan kesehatan reproduksi.

Gaya hidup modern yang penuh tekanan menjadi faktor yang berkontribusi terhadap infertilitas perempuan. Maka pola makan dapat memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesuburan perempuan.

Gaya hidup modern yang penuh tekanan menjadi faktor yang berkontribusi terhadap infertilitas perempuan. Maka pola makan dan gaya hidup dapat memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesuburan.

(ika/JPC)