Benarkah Melahirkan Banyak Anak Bikin Miss V Kendur dan Longgar?

JawaPos.com – Mitos atau fakta? Seorang perempuan yang memiliki anak lebih dari dua merasa tidak percaya diri ketika berhubungan intim dengan suami. Apalagi jika mereka melahirkan dengan cara normal. Para pria berpendapat, kualitas Miss V sebagai dampak melahirkan bisa menurun.

Ahli Kebidanan dan Kandungan, dr. Ni Komang Yeni Dhanasari, SpOG, menjelaskan dari masa pubertas sampai dengan masa menopause, area intim kewanitaan mengalami beberapa fase yang dapat menurunkan elastisitasnya akibat perubahan hormon, kehamilan serta persalinan. Namun nyatanya, tak hanya pasiennya yang melahirkan secara normal, namun pasien yang menjalani caesar juga punya masalah saat bercinta.

“Jumlah melahirkan anaknya cuma 2 misalnya sama saja dengan yang punya anak 4. Ada banyak perempuan yang punya masalah dalam bercinta tetapi tak mencari pertolongan, mereka silent,” katanya dalam konferensi pers bersama Klinik Bamed baru-baru ini.

Catatannya, sebanyak 83 persen pasiennya yang melahirkan secara normal memang mempunyai keluhan Miss V yang kendur dan longgar. Namun sisanya juga dialami oleh para wanita yang melahirkan caesar.

“Ternyata yang caesar juga mengalami keluhan. Sebagian besar keluhannya menjelang menopause, lalu genital urinery sindrom, atau kering dan nyeri saat berhubungan,” ungkapnya.

Paling banyak pasien datang kepadanya adalah dengan keluhan Miss V kendur. Kurang sensasi saat berhubungan.

“Istrinya pura-pura orgasme. Padahal enggak merasa apa-apa,” jelas dr. Yeni.

Menurutnya, seorang wanita setelah 18 tahun tak akan memproduksi kolagen lagi. Sehingga di usia 40 tahun hanya tinggal 50 persen sisanya. Hal itu berpengaruh pada daya tahan kewanitaan.

“Maka ada berbagai caranya seperti wajah, ada botox dan filler juga laser. Tujuannya untuk meremajakan, mengencangkan, dan membuat Miss V lebih merona, lebih pink. Sebab sebanyak 58 persen kaum hawa mengalami disfungsi seksual atau penurunan libido usai melahirkan. Tentu ini harus diatasi,” jelasnya.

(ika/JPC)