Berganti Pasangan dan Narkoba Suntik Penyebab Terbanyak Penularan HIV

JawaPos.com – Masyarakat penting untuk memeriksa status HIV AIDS sejak dini. Apalagi, bagi mereka yang masuk kelompok berisiko, di antaranya yang sering berganti pasangan seksual atau sejenis, dan menggunakan narkoba suntik.

Orang dengan HIV AIDS (ODHA) masih punya harapan untuk hidup panjang dan menggapai cita-citanya dengan rutin mengikuti pengobatan Anti Retroviral (ARV). Dalam momentum Hari AIDS Sedunia, 1 Desember, Aktivis dan Pegiat HIV dari Yayasan KAKI, Denies Talu mengungkapkan fenomena HIV AIDS saat ini justru lebih rentan terjadi pada pasangan yang seringkali berganti pasangan seksual.

“Kami terus melakukan pendampingan. Sebab, masyarakat berisiko biasanya malu untuk melakukan uji tes virus HIV AIDS. Masyarakat yang tak berisiko pun merasa dirinya sehat. Padahal, penularan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, serta oleh siapa saja,” ungkap Denies kepada JawaPos.com, baru-baru ini.

Berganti Pasangan dan Narkoba Suntik Penyebab Terbanyak Penularan HIVPegiat HIV dari Yayasan KAKI saat sedang melakukan uji tes virus HIV kepada masyarakat umum. (Istimewa)

Dengan memeriksa status HIV AIDS sejak dini maka akan diketahui seberapa persen kadar imunitas bertahan di dalam tubuh setiap orang. Sehingga, dengan segera ODHA diberikan terapi pengobatan Antiretroviral (ARV).

Diharapkan dengan pemberian terapi secara rutin, virus di dalam tubuhnya tak berkembang biak. Sebaliknya, jika penyakit ini dibiarkan, maka daya imun tubuh semakin turun digerogoti virus HIV. 

“Karena sekarang ini sudah ada ARV yang bisa pertahankan hidup mereka,” ujar Denies.

ODHA ketika diintervensi ARV secara rutin dan mengikuti terapi dengan baik, terbukti mencegah penularan. Ketika ODHA tersebut memiliki keinginan mengikuti program mempunyai anak, maka anaknya lahir negatif HIV AIDS. Denies juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berbagi masalah seputar HIV AIDS untuk menghubungi nomor 089630491649.

Menurut Denies, di era saat ini, ada beberapa cara untuk membentengi diri dari bahaya virus mematikan itu. Paling penting adalah masalah hubungan seks akibat pergaulan bebas yang semakin marak saat ini.

“Setia sama pasangan, kurangi faktor resiko seks dan ketahui bagaimana HIV bisa terdapat di dalam tubuh. Dan gunakan kondom bila masih berisiko,” tukasnya.

(ika/JPC)