Kenali Bunion Pada Kaki, Efek Buruk Karena Sering Memakai High Heels

JawaPos.com – Perempuan dituntut untuk berpenampilan menarik setiap saat mulai dari busana hingga sepatu yang anggun. Salah satunya mengenakan high heels. Tapi, beberapa perempuan sering merasakan sakit pada kaki karena memakai sepatu hak tinggi.

Tanpa disadari pemakaian sepatu hak tinggi dapat mempengaruhi struktur tulang kaki menjadi lebih buruk. Biasanya berefek pada tulang jempol kaki menjadi lebih menonjol ke samping yang sering disebut sebagai bunion. Idealnya memakai sepatu high heels setiap hari dibatasi selama 2 sampai 3 jam per hari.

“Pemakaian high heels membuat bentuk kaki menjadi berubah, jika dipaksa, bunion akan semakin keluar karena terlalu dipaksa, yang semakin lama semakin ditekan, tentunya harus sesuaikan kaki dengan sepatu yang memungkinkan bisa bergerak dengan nyaman,” kata dr. Lidya Susanti sebagai dokter spesialis pembuluh darah, saat ditemui di acara Special New Year With Bocorocco, Grand Indonesia Jakarta Pusat, Sabtu (1/12).

high heels, sepatu heels, efek buruk high heels, bunion pada kaki, penyebab bunion kaki,Suasana peragaan sepatu Bocorocco di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12) (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Selain pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu sering,  bunion juga bisa muncul jika Anda tidak memakai sepatu yang tepat. Sepatu yang tidak tepat itu misalnya sepatu yang kuncup atau lancip, tidak sesuai dengan ukuran, dan alas yang terlalu tipis.

“Karena kan kita menapak di tempat yang keras, sedangkan berat badan kita itu istilahnya balik lagi membal lagi, guncangannya itu yang membuat tulang itu kembali kebentur sama yg keras ini, lama-lama tulang kalah, lebih menang lantai,” lanjut dr. Lidya Susanti.

Sederhananya ciri-ciri sepatu sehat yaitu tidak membuat sakit tidak membuat pegal, tidak membuat keluhan-keluhan lain, menopang tubuh dengan pas. Bukan hanya  bunion, pemakaian sepatu yang tidak tepat juga bisa menyebabkan cepat lelah dan berpengaruh pada keseluruhan tulang tubuh.

Brand sepatu asal Italia, Bocorocco sudah 6 tahun ada di Indonesia untuk menghadirkan sebuah teknologi sepatu untuk kesehatan. DenganPillow Concept Technology, sepatu ini memberikan kesan empuk saat dipakai karena terdiri dari sembilan lapisan spons.

“Tubuh kita seperti bola golf jika dilempar di lantai yang kerasa akan membal, spons pada sepatu ini membuat tubuh Anda meredam, saat kaki masuk ke dalam langsung terasa nyaman, jika dibuat jalan yang jauh bisa mengurangi lelah, rasa sakit di bagian tumit, lutut, bahkan bisa mengurangi sakit yang sudah sampai pada otak,” kata Ridwan Saidbun, Owner Bocorocco Asia Pasifik, saat ditemui di acara yang sama.

Sepatu Bocorocco tersedia dengan berbagai model untuk pria dan perempuan dalam kisaran harga Rp 2,5–12 juta. Karena sepatu ini untuk kesehatan, Bocorocco sangat cocok bagi orang yang memiliki riwayat flat feet sehingga bisa dipesan dan dibuat khusus sesuai anjuran dokter.

(Inr/JPC)