Kurangi Buang Air Kecil Berlebih dengan 5 Langkah Sederhana

JawaPos.com – Buang air kecil memang baik untuk kesehatan karena mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Tapi, jika buang air kecil terlalu sering juga dapat membuat seseorang merasa tak nyaman. Terlebih di tengah padatnya aktivitas.

Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan agar buang air kecil bisa dikontrol?

Dilansir dari Just Kooki, Kamis (6/12), ada lima langkah yang bisa dilakukan untuk menekan frekuensi buang air kecil dengan sederhana. Jika lima langkah ini rutin dilakukan, maka waktu buang air kecil Anda bisa dikurangi.

buang air kecil, sering buang air kecil, obat sering buang air kecil, cara kurangi buang air kecil,Hindari kopi berlebih untuk mengurangi buang air kecil yang terlalu sering. (NDTV.com)

1. Minum Cukup Air Putih dan Hindari Kopi

Sangat penting untuk minum cukup air di siang hari agar tetap terhidrasi, tetapi minum terlalu banyak sebenarnya tidak baik karena dapat menyebabkan Anda lebih sering pergi ke kamar mandi. Lebih baik kurangi asupan cairan hingga 25 persen sehingga kandung kemih Anda tidak penuh.

Anda juga harus menghindari minum kopi, teh hitam, minuman beralkohol, dan minuman berkarbonasi yang berlebihan karena mereka dapat lebih menekan kandung kemih. Itulah salah satu alasan Anda terlalu sering buang air kecil.

2. Jadwalkan Kapan Anda Kencing

Cobalah untuk menentukan  dengan menjadwalkan seberapa sering Anda pergi ke kamar mandi. Anda dapat pergi ke kamar mandi sesuai dengan jadwal tersebut bahkan jika Anda tidak benar-benar perlu buang air kecil.

3. Kontrol Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat memperburuk masalah kandung kemih dan menyebabkan stres. Dengan begitu, kandung kemih Anda akan mengeluarkan sejumlah kecil urin ketika Anda aktif secara fisik atau bahkan saat batuk atau bersin. Kehilangan berat badan dapat membantu Anda mengurangi tekanan berlebih pada kandung kemih dan otot-otot di sekitarnya.

4. Akupunktur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stimulasi akupunktur yang diterapkan ke daerah lumbosakral (punggung bawah) dapat membantu Anda meningkatkan kontrol kandung kemih. Langkah ini dipercaya mengobati sering buang air kecil dengan melepaskan stres dan ketegangan di daerah tersebut.

5. Kencangkan Otot Anda

Untuk mengontrol buang air kecil, Anda dapat memperkuat otot-otot kandung kemih Anda. Latihannya bisa dilakukan saat Anda dengan buang air kecil. Pertama, Anda perlu menahan atau menghentikan sementara aliran urin saat buang air kecil. Anda juga bisa melatih otot panggul dengan kandung kemih kosong selama setidaknya 6-8 minggu.

(Inr/JPC)