Jarang Diketahui, Ini 6 Rahasia Kesehatan di Balik Merah Keunguan Bit

Dengan warna keunguannya yang khas, Bit, memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan. Sayangnya, Bit, yang masuk kategori sayuran ini masih terbilang jarang dikonsumsi sebagai sajian sehari-hari.

Sebenanrnya, ada banyak cara untuk mengonsumsi bit. Antara lain dengan di panggang, kukus, atau jus. Sebelumu mulai mengonsumsi bit, yuk cari tahu  6 manfaat kesehatannya seperti dilansir dari All Recipes, Senin (24/12).

1. Baik Untuk Tekanan Darah

Bit kaya akan nitrat. Zat ini diubah tubuh menjadi oksida nitrat yaitu senyawa yang melebarkan pembuluh darah. Sehingga melancarkan peredaran darah yang penuh nutrisi dan oksigen. Itu berarti sirkulasi darah akan lebih baik dan bisa menurunkan tekanan darah.

2. Risiko Penyakit Jantung Bisa Turun

Bit tidak hanya berdampak positif pada tekanan darah Anda. Mereka juga kaya akan alkaloid betaine, serta B-vitamin folat, yang bersama-sama berfungsi untuk menurunkan kadar homocysteine dalam darah, yang meningkatkan risiko kerusakan arteri dan penyakit jantung.

3. Dapat Meningkatkan Stamina

Kebanyakan atlet mengonsumsi bit karena mereka tahu bahwa nitrat meningkatkan daya tahan tubuh.  Dalam sebuah penelitian, pengendara sepeda yang minum jus bit bisa mengayuh pedal 15 persen lebih lama. Dibutuhkan sekitar tiga hingga lima bit untuk meningkatkan kinerja stamina dalam tubuh.

4. Baik Untuk Hati

Hati Anda memiliki pekerjaan berat untuk membersihkan darah atau mendetoksifikasi tubuh Anda. Anda dapat meringankan bebannya dengan porsi bit harian. Penelitian menunjukkan bahwa betaine, asam amino yang ditemukan dalam bit serta bayam dan quinoa dapat membantu mencegah dan mengurangi penumpukan lemak di hati.

5. Dapat Memerangi Penyakit Kronis

Bit juga kaya akan betalain, kelas antioksidan kuat, dan antiinflamasi yang memerangi radikal bebas. Bit juga bisa mengurangi peradangan terkait penyakit kronis seperti penyakit jantung, obesitas, dan kemungkinan kanker. Berbicara tentang kanker, penelitian menunjukkan bahwa betacyanin, pigmen yang memberi bit rona ungu dapat membantu melindungi dari sel penyebab kanker.

6. BAB Teratur

Salah satu cara untuk mengalahkan ketidakteraturan dan sembelit adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti bit. Betaine yang ditemukan dalam bit juga telah terbukti meningkatkan pencernaan.