50 Pegawai Diterjang Tsunami, Kemenpora Kerahkah Tim Evakuasi

JawaPos.com – Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto mengaku sudah melakukan langkah penanganan kepada para rombongan Kemenpora yang mengalami musibah tsunami di kawasan pantai Tanjung Lesung, Banten. Tim evakuasi yang dibentuk sudah bergerak.

Untuk diketahui, sebanyak 50 orang dari unit Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) menjadi korban dari musibah tersebut. Dari seluruh rombongan tersebut, sebanyak 28 orang dirawat di rumah sakit terdekat. Sementara sisanya belum diketahui.

Gatot mengatakan, mereka sudah mengirimkan tim yang terdiri dari dokter, paramedis, tim humas, dan perangkat lainnya.

Tsunami Anyer, tsunami Selat Sunda, KemenporaInfografis Tsunami Selat Sunda (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

“Tim evakuasi Kemenpora sudah berangkat menuju Tanjung Lesung. Terdiri dari tiga mobil ambulans, satu mobil jenazah, dan tiga mobil operasional,” ujar Gatot.

Gatot menambahkan, sejumlah wali dari para korban yang terkena tsunami di sana juga diberangkatkan agar bisa melihat langsung kondisi korban. “Beberapa keluarga korban juga ikut,” kata Gatot.

Untuk diketahui, kejadian ini bermula ketika 50 orang rombongan unit PPITKON sedang mengikuti kegiatan pelatihan SDM di Tanjung Lesung. Saat memasuki sesi gathering, tiba-tiba mereka semua dikejutkan dengan datangnya ombak besar.

Hingga berita ini diturunkan, baru satu orang yang terkonfirmasi sudah meninggal dari rombongan tersebut. Korban bernama Sri Hartini yang merupakan seorang pemijat. Sementara Kepala PPITKON Edi Nurinda dikabarkan selamat dari musibah tersebut.

Editor      : Banu Adikara
Reporter : (mat/JPC)