Baseball Incar Medali Emas di SEA Games 2019

JawaPos.com – Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) tidak main-main dalam menghadapi SEA Games 2019. Memasang target mencapai babak final, mereka akan melakukan rangkaian latihan padat sejak awal tahun depan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Perbasasi Dana Kusumo mengatakan bahwa target yang ditetapkan tersebut masih realistis untuk dicapai. Pasalnya saat ini di Kawasan Asia Tenggara, hanya ada dua negara yang bersaing ketat memperebutkan posisi puncak, yakni Indonesia dan Filipina. Melihat hal itu, tentunya Indonesia memiliki peluang besar untuk mendulang tambahan emas dari cabang olahraga tersebut. 

“Di SEA Games Filipina nanti akan dipertandingkan olahraga baseball dan softball putra dan putri. Sampai saat ini itu informasi yang kita peroleh. Target kami adalah final di cabang baseball. Artinya pertarungan menuju emas,” ucap Dana, Minggu (23/12).

Salah satu upaya yang dilakukan Dana adalah dengan menggelar Sirkuit Nasional. Selain itu dia juga akan menyiapkan program agar para atlet dapat berlatih di daerahnya masing-masing, mengingat di pertengahan tahun 2019 mereka semua harus menghadapi kompetisi pra PON.

“Sirkuit Nasional di Januari. Tapi diawali program desentralisasi, jadi pemain daerah diberi program nasional untuk berlatih di daerah masing-masing. Baru dilanjutkan full pemusatan latihan di salah satu dari tiga negara, yakni Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Latihan dilakukan hingga menjelang SEA Games 2019,” ungkapnya.

Editor      : Banu Adikara
Reporter : (mat/JPC)