Elga Diminta Turun di ATPC 2019, Pelatih Tidak Setuju

JawaPos.com – Atlet sepeda BMX putri Indonesia Elga Kharisma Novanda masih menjalani pemulihan cedera pinggang yang menderanya sejak awal tahun. Namun, atlet berusia 26 tahun ini sudah diminta turun dalam event Asian Track and Paracycling Championships (ATPC) 2019 yang akan digelar di arena velodrome Jakarta pada 8-13 Januari mendatang.

Elga diminta untuk turun nomor tim sprint putri bersama Crismonita Dwi Putri. Keduanya menorehkan catatan waktu yang cukup baik di kejuaraan Track Asia Cup pada September lalu. Dengan catatan waktu 34,862 detik, mereka diharapkan bisa mengulangi pencapaian tersebut.

Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa meski masih proses penyembuhan, ia yakin Elga bisa tampil prima di ATPC 2019 nanti. “Saya tahu kondisi perkembangannya. Dipastikan nanti akan turun di Asian Track and Paracycling Championships 2019,” katanya.

Namun, pendapat berbeda diutarakan oleh pelatih Elga, Nur Rochman. Rochman merasa, Elga harus diberi waktu untuk istirahat. Berdasarkan saran dokter, pemulihan pasca operasi setidaknya membutuhkan waktu minimal tiga bulan.

Menurut Rochman, peran Elga sebaiknya digantikan oleh Wiji Lestari yang pada Asian Games 2018 kemarin berhasil meraih perunggu di nomor BMX. Hal tersebut membuat Wiji dinilai layak mendampingi Crismonita.

“Wiji masih harus membenahi beberapa teknik bersepeda. Dia memang memiliki power yang luar biasa, tapi dia harus bisa lebih efisien lagi supaya boros tenaganya,” kata Rochman.

Editor      : Banu Adikara
Reporter : (isa/JPC)