Gatot: OTT KPK Tidak Akan Ganggu Persiapan SEA Games 2019

JawaPos.com – Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto memastikan bahwa agenda persiapan SEA Games 2019 tidak akan terganggu meski beberapa pejabat Kemenpora baru saja terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK).

Seperti yang sudah diketahui, KPK menangkap Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana beserta delapan pegawai Kemenpora lainnya pada Selasa (18/12) malam kemarin. Selain Mulyana, KPK juga membawa seorang Pejabat Pembuat Keputusan (PPK), bendahara, dan enam orang lainnya yang belum diketahui peran dan tugasnya.

“Persiapan SEA Games 2019 saya rasa tetap jalan. Tidak akan terganggu. Kita akan cari Pelaksana Tugas (Plt) untuk Deputi IV dulu. Selebihnya nanti tergantung kebijakan dari Menpora,” ujar Gatot, Rabu (19/12).

Gatot pun hingga siang hari ini belum menerima kabar lebih lanjut dari KPK ihwal sembilan orang yang diciduk tersebut. “Kami sangat menyayangkan kejadian ini. Kalau nanti betul terbukti ada pelanggaran hukum, tentunya makin kami sesali,” ujar Gatot.

Seperti diketahui, KPK menciduk sembilan orang dari Kemenpora pada Selasa malam pukul 20.00 kemarin. Dari operasi tersebut, KPK menemukan barang bukti uang yang diduga akan digunakan untuk suap sebesar Rp 300 juta dan sebuah ATM yang juga berisi uang sekitar Rp 100 juta. Kasus ini diduga terkait dengan pencairan dana hibah dari Kemenpora ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Editor      : Banu Adikara
Reporter : (mat/JPC)