IeSPA Setuju e-Sports Masuk Kurikulum Pendidikan

JawaPos.com – Rencana pemerintah untuk memasukkan e-Sports ke dalam kurikulum pendidikan mendapat dukungan dari Ketua IeSPA (Asosiasi e-Sports Indonesia), Edy Lim. Kendati demikian, bukan berarti para pelajar nantinya diharuskan bermain game secara terus menerus.

Edy menuturkan, masuknya e-Sports ke dalam kurikulum bisa lebih ditekankan kepada pengembangan minat para pelajar dalam bisnis industri game. Pelajar juga diajarkan bagaimana menjalankan dan mengelola sebuah event game.

“Jadi bukan main game-nya yang dijadikan mata pelajaran. Lebih ditekankan bagaimana berorganisasi untuk industri e-Sports,” ucap Edy.

Menurut Edy, hal ini secara tidak langsung juga akan mengajarkan para siswa aktif berorganisasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Hal ini pun diyakini akan memberi dampak ke permainan game mereka yang menuntut kerjasama tim.

Untuk merealisasikan hal tersebut, IeSPA mengagas untuk diadakannya kompetisi e-Sports di tingkat universitas. Edy juga akan memanfaatkan acara itu untuk meningkatkan soft skill para pelajar.

“Kami salah satu yang menggagas. Bahkan akan mulai Liga Universitas. Kami fokus ke (pengembangan, Red) UKM,” tutup Edy.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Bintang Rahmat