Ini Empat Game e-Sports yang Ditarget Dapat Emas di SEA Games 2019

JawaPos.com – Cabang olahraga e-Sports tidak akan main-main dalam menjalani kompetisi SEA Games 2019 nanti. Mereka menargetkan meraih empat medali emas dalam nomor yang berbeda.

Tercatat dalam SEA Games 2019 nanti akan ada enam nomor yang dipertandingkan dalam cabang olahraga anyar tersebut. Enam nomor tersebut adalah Dota, Mobile Legends, AOV, Tekken 7, StarCraft, NBA 2K19.

Namun, dari keenam nomor tersebut timnas e-Sport Indonesia hanya akan mengikuti empat nomor saja, yakni Dota, Mobile Legends, AOV, dan Tekken 7.

“Kita Tekken lumayan kuat. Sebenarnya di level Asia Tenggara, yang empat nomor itu kita harapkan emas. Kalau cuma perunggu kita pasti dapat di nomor itu,” ucap Ketua IeSPA Edy Lim Sabtu (5/12) saat ditemui di Taman Anggrek, Grogol.

Edy menuturkan, membawa pulang medali dari Filipina adalah harga mati bagi para atlet yang akan berjuang di empat nomor tersebut. “Kayak Dota, kita pasti dapat perunggu, makanya inginnya emas. Jadi empat nomor yang kita ikuti ini pasti dapat lah kalau perunggu, kecuali kita sial banget. Kalau gak sampai dapat perunggu, IeSPA akan marah sekali,” sambungnya.

Edy menambahkan, mereka punya alasan khusus kenapa hanya mengirimkan atlet di empat nomor saja. Salah satu penyebabnya karena tidak ada pemain handal di nomor NBA 2K19 dan StarCraft.

“StarCraft dan NBA sepertinya nggak, karena tidak ada pemain jago. Kita juga tidak mau kirim pemain hanya untuk sekadar jalan-jalan, yang penting ada lalu kita bayarin. Tidak bisa begitu,” tegasnya.

Kendati demikian, Edy mengaku tidak menutup kemungkinan adanya perubahan nomor yang diikuti timnas e-Sports Indonesia. “Tapi jika dalam waktu beberapa bulan ke depan ada komunitas StarCraft serius yang muncul di level internasional, maka saya bilang ke Kemenpora untuk masukan StarCraft,” ungkapnya.

Editor      : Banu Adikara
Reporter : Bintang Rahmat