Jadi Atlet e-Sports, Begini Pola Latihan Monica "Nixia" Carolina

JawaPos.com – Atlet e-Sports Monica Carolina mengatakan bahwa menjadi atlet dunia digital bukan cuma sekadar bersenang-senang. Layaknya atlet di cabang olahraga lain, ada latihan yang harus tetap dijalani.

“Kalau latihan itu tergantung dari individunya masing-masing. Normalnya untuk tim profesional latihan bisa sampai delapan jam per hari. Apalagi kalau timnya itu sudah besar,” ucap atlet yang kerap disapa Nixia itu.

Nixia menuturkan, ia dan tim besutannya LXA Ladies pun juga menerapkan pola latihan yang nyaris serupa. “Tapi kalau tim aku yang isinya perempuan semua, latihannya nggak selama itu. Paling cuma tiga hingga lima jam per hari,” ujar Nixia.

Tak cuma latihan main game, Nixia mengaku ia dan timnya juga menjaga pola makan dan  kekuatan fisik. Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat berkonsentrasi lebih lama.

Namun, Nixia menuturkan, saat ini ia belum bisa menerapkan pola latihan rutin yang mengikat kepada timnya. Pasalnya, anggota tim LXA Ladies saat ini belum mau mendedikasikan secara penuh hidup mereka untuk menjadi atlet e-Sports.

Nixia menuturkan, ia baru akan menyusun program serius jika para anggotanya sudah memantapkan hati fokus di e-Sports.

“Mereka belum mau terikat dengan dunia ini. Mereka masih pentingin karir, keluarga, atau pendidikan. Mereka juga gak mau terlalu full time di dunia e-Sports. Jadi kalau ada yang serius, baru aku akan atur pola makan dan latihan fisiknya,” tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Bintang Rahmat