Juara di Australia, Novak Djokovic Sukses Pecahkan Rekor

JawaPos.com – Novak Djokovic berhasil memecahkan rekor di turnamen Grand Slam Australia Terbuka. Petenis kebangsaan Serbia itu tercatat sebagai kontestan tersukses dengan raihan tujuh gelar juara.

Djokovic menambah koleksinya usai mengalahkan Rafael Nadal, Minggu (27/1). Selain 2019, Djokovic juga merebut juara pada 2008, 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016. Djokovic mengalahkan pencapaian milik Roger Federer serta Roy Emerson.

“Ini sangat luar biasa. Anda semua tahu bagaimana pertandingan menghadapi Rafael Nadal. Namun kemenangan kali ini benar-benar mengesankan,” ungkap Djokovic yang dikutip dari situs resmi Australia Terbuka.

Tenis, Australia Terbuka 2019, Rafael NadalRafael Nadal kembali dikalahkan Novak Djokovic (Dok. Australia Terbuka 2019)

Bertanding di Rod Laver Arena, Djokovic terus menekan permainan Nadal sejak set pertama. Pukulan-pukulan kerasnya gagal dikembalikan oleh petenis ranking dua dunia tersebut.

Poin demi poin didapat Djokovic dengan cara yang relatif mudah. Dalam waktu 2 jam 4 menit, dirinya menang straight set 6-3, 6-2, dan 6-3.

“Kuncinya percaya pada kemampuan diri sendiri. Lakukan itu saat Anda merasa kesulitan. Gali kemampuan dan puji hasil yang Anda dapat. Selain itu Anda harus memvisualisasikan diri sebagai seorang pemenang. Pikiran Anda harus positif,” ujar Djokovic mengenai resep keberhasilannya.

“Saya hanya fokus untuk meningkatkan kemampuan. Saya terus mengasah bakat, emosi, mental, dan fisik agar dapat bersaing di level tertinggi,” tambahnya.

Secara head to head, Djokovic masih unggul atas rivalnya tersebut. Ranking pertama dunia itu menang 27 kali dari 52 pertemuannya dengan Nadal.

Meski demikian, Nadal masih unggul soal perolehan gelar juara Grand Slam. Saat ini Nadal memiliki 17 gelar, sedangkan Djokovic baru 15.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama