Kans Juara Umum Tipis, Indonesia Harus Bisa 3 Besar di SEA Games 2019

JawaPos.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pesimistis Indonesia bisa menjadi juara umum di SEA Games 2019 di Filipina. Walau demikian, bukan berarti para atlet Merah Putih boleh seenaknya saja di perhelatan tersebut.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto mengatakan, pihaknya tidak mau Indonesia mengulangi hasil buruk di SEA Games 2017 lalu. Waktu itu, Indonesia cuma sanggup finis di peringkat 5 dengan 38 medali emas.

Menurut Gatot, dengan pencapaian gemilang di Asian Games 2018 kemarin, paling tidak Indonesia bisa bercokol di posisi 4 atau 3.

“Cabor yang wajib di SEA Games 2019 hanya renang dan atletik. Di luar itu, suka-suka tuan rumah pilih cabang olahraga apa dan number of event-nya berapa. Potensi tuan rumah dapet juara umum tinggi. Kalau (Indonesia, Red) juara umum saya harus jujur mengatakan akan sangat sulit sekali,” kata Gatot, Jumat (18/1).

Gatot pun kembali menegaskan bahwa atmosfor pertandingan di SEA Games 2019 akan berbeda dengan Asian Games 2018 nanti. Publik pun diminta tidak berekspektasi terlalu tinggi.

“Dikhawatirkan berfikirnya kemarin di Asian Games 2018 bisa peringkat 4, seluruh negara di ASEAN kelibas, masyarakat berpikir SEA Games berarti harus juara umum. Harus diketahui SEA Games dan Asian Games itu beda karena penentuan cabornya oleh Olympic Council of Asia. Minimal masuk posisi 3 atau 4 besar,” tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi