Kejuaraan e-Sports Nasional Segera Diselenggarakan

JawaPos.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berencana mengadakan kejuaraan e-Sports berskala nasional. Menpora Imam Nahrawi menuturkan bahwa di tengah perkembangan pesat e-Sports, sudah sewajibnya negara mengarahkan para atletnya dengan baik.

“Kita akan kelola dari sisi industrinya dan liganya. Termasuk kesiapan atletnya juga,” kata Imam, Sabtu (5/1).

Menurut Imam, kejuaraan atau turnamen lokal e-Sports sudah saatnya digalakkan karena game saat ini sudah lebih dari sekadar permainan. Sudah ada prestasi membanggakan yang bisa dibidik.

“Kita ketahui di Asian Games 2019 kemarin kita punya banyak stok atlet yang bagus. Karena itu betul-betul kita siapkan sehingga bukan hanya melahirkan industri dan ekonomi, melainkan juga atlet berbakat,” kata Imam.

Ketua Umum Bekraf Triawan Munaf mengatakan bahwa rencana turnamen e-Sports nasional ini sudah ia rencanakan dengan cukup matang. Pihaknya berencana bertemu Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat untuk membahas soal ini.

“Kita sedang usulkan dan memang sudah dibicarakan. Tapi kan tidak mudah memberikan nama seperti Piala Presiden kalau persiapannya tidak matang. Sekarang kita dalama tahap persiapan yang intens. Nanti kita akan maju ke Bapak Presiden,” paparnya.

Editor      : Banu Adikara
Reporter : Isa Bustomi