Kick Off Piala Presiden e-Sports 2019 Dimulai Hari Ini

JawaPos.com – Cabang olahraga e-Sports yang sudah lebih dulu marak di luar negeri kini mulai mempengaruhi para milenial Tanah Air. Konotasi negatif bermain game online pun perlahan luntur.

Pengakuan keberadaan e-Sports sebagai salah satu cabang olahraga sudah dimulai saat digelarnya Asian Games 2018. Waktu itu, e-Sports ikut dipertandingkan sebagai cabang olahraga eksebisi, dan akan resmi dipertandingkan sebagai salah satu cabang utama di SEA Games 2019 dan Asian Games 2022 mendatang.

Pemerintah Indonesia pun ikut mengapresiasi perkembangan e-Sports dengan menyelenggarakan Piala Presiden e-Sports 2019. Pendaftarannya sudah dibuka sejak awal Januari 2019.

“Piala Presiden e-Sports 2019 ini membuat para pecinta game Indonesia bisa berprestasi dan tak lagi dipandang sebelah mata,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Senin (28/1).

Piala Presiden e-Sports 2019 akan resmi diselenggarakan hari ini pukul 18.30. Kompetisi ini akan diawali babak kualifikasi yang dilaksanakan di delapan kota.

Tim terbaik dari masing-masing kota yang lolos kualifikasi nantinya akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli yang disiapkan Indonesia e-Sports Premier League (IESPL). Setelah itu, mereka akan bersaing di babak grandfinal pada 30-31 Maret.

Menurut Imam, hal ini bisa menjadi motivasi bagi para gamers dalam negeri. Pasalnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa Indonesia saaat ini sudah memiliki setidaknya 43 juta gamers.

“Kita punya 43 juta gamers, namun skill saja belum cukup kalau tidak didukung,” tuturnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Uji Sukma Medianti