Para Peraih Medali Emas SEA Games 2017 Kembali Diturunkan di Filipina

JawaPos.com – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto mengatakan bahwa meski pemerintah berencana menurunkan atlet muda atau pelapis di SEA Games 2019, para atlet peraih medali emas di event terdahulu akan dipertahankan. Hal ini dilakukan agar Indonesia tetap bisa unjuk gigi dan membawa pulang medali emas sebanyak-banyaknya.

Untuk diketahui, Kemenpora sudah menentukan komposisi atlet yang akan berlaga di Filipina pada akhir tahun 2019 nanti. Adapun komposisinya adalah 60 persen atlet junior dan pelapis, serta 40 persen atlet senior.

Namun demikian, Gatot menuturkan bahwa komposisi ini bersifat relatif karena setiap induk cabang olahraga memiliki komposisi atlet yang berbeda-beda. Karenanya, Gatot menuturkan bahwa pihaknya akan melihat lebih dulu susunan seperti apa yang layak untuk turun nanti.

“Misal senam itu atlet umur 15-16 sudah dianggap tua. Tapi untuk sepak bola dan lainnya masih dianggap sangat muda. Nanti akan kami identifikasi pertama adalah cabor (dengan atlet, Red) yang berpotensi emas. Itu akan kita tahan (komposisi atletnya, Red),” kata Gatot, Jumat (18/1).

Gatot kembali menegaskan, SEA Games 2019 merupakan ajang yang diperuntukkan bagi atlet junior dan pelapis untuk menambah jam terbang mereka. Mereka tetap harus diberi kesempatan agar punya bekal kuat sebeum melangkah ke level yang lebih jauh.

“Poin yang ingin kami sampaikan adalah dengan adanya komposiosi seperti itu, memungkinkan para atlet junior mendapat jam terbang lebih tinggi. Karena kalau bukan di ajang multievent seperti SEA Games, kapan lagi atlet-atlet junior bisa berkembang,” tutup Gatot.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi