PB PASI Bidik Atlet Muda di Kejurnas Atletik

JawaPos.com – Pengurus Pusat Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) kembali menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang berlangsung di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/12). Kejuaraan dihelat untuk mencari bibit-bibit muda untuk regenerasi atlet.

Dalam kejurnas kali ini, PB PASI membagi dua sesi pertandingan pada pagi dan sore hari. Ada tujuh nomor yang dipertandingkan mulai 5×80 meter estafet U14 putri, 5×80 meter estafet U14 putra dan 4×400 meter estafet senior mix, 4×100 meter estafet U18 putra, 4×100 meter estafet U18 putri, 4×400 meter estafet U20 putra, dan 4×400 meter estafet U20 putri.

Sedikitnya, sekitar 300 atlet dari 34 provinsi yang mengikuti kejuaraan tersebut. “Atlet-atlet estafet saat ini kan sudah ada yang pensiun. Sebagai pengganti atlet-atlet itu, kita harus cari bibit-bibit muda,” ungkap pelatih atletik Indonesia Eni Nuraini di Stadion Madya, Minggu (9/12).

Untuk diketahui, salah satu atlet senior yang sudah memutuskan pensiun adalah pelari andalan Muhammad Fadlin. Fadlin memutuskan pensiun setelah ia dan bersama Lalu Muhammad Zohri, Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara putra meraih medali perak nomor estafet 4×100 meter di Asian Games 2018.

Hilangnya Fadlin diakui Eni bakal membuat timnas atletik pincang. Makanya, penerusnya harus segera ditemukan. “Kita punya tim khusus pencari talent. Jadi setelah kejuaraan ini nggak langsung masuk pelatnas. Masih ada seleksi kembali nantinya,” tutup Eni.

Editor      : Banu Adikara
Reporter : (isa/JPC)