Pengalaman Asian Games Bawa Pengaruh Calvin Raih Emas di Singapura

JawaPos.com – Calvin Ponco Ayaga, menjadi salah satu atlet trampolin yang membela Indonesia di Asian Games 2018 lalu. Bertanding di level Asia, rupanya membawa pengaruh positif untuk atlet 18 tahun ini.

Calvin baru-baru ini berhasil membawa sang merah putih berkibar di kejuaraan internasional 3rd Trampoline Singapore Invitational 2018. Dalam kejuaraan yang digelar sejak 14-16 Desember di Bishan Sports Hall, Singapura tersebut, dia berhasil meraih medali emas untuk kategori men’s open.

Bagi Calvin, performa terbaik yang ditunjukan pada saat itu tak terlepas dari pengalaman yang diraihnya di Asian Games. Dirinya mengaku banyak mendapat pelajaran berharga dari pesta olahraga terakbar se-Asia itu.

“Tentu bermain di Asian Games 2018 kemarin bawa pengaruh besar. Melihat orang-orang (lawan) yang kemarin masih selevel kita, atmosfirnya jadi terbiasa,” kata Calvin.

Dengan keterbiasaan itulah, Calvin jadi tenang. Dia tak ingin dengarkan komentar atau cemoohan orang lain.

Di tengah pertandingan, Calvin memanfaatkan ketenangan dengan menunjukan penampilan terbaiknya. Beberapa gerakan dinilainya sempurna.

“Saya harus pecaya diri saja. Saya tidak pikirkan orang lain, tapi saya berpikir bagaimana agar gerakan itu jadi yang terbaik,” tutupnya.

Tim merah putih yang membawa nama Houbii Sports Academy (HSA) juga berhasil mendapatkan empat medali lainnya. Selain Calvin, Chakrabarty Bodhisattwa juga sukses meraih medali emas dengan katagori pria U-10.

Sedangkan medali perak diraih Rafa Rafael Wawolumaya dari kategori pria U-10. Sementara dua medali perunggu, dipersembahkan Franchaist Boy Marry untuk kategori men’s open, dan Agatha Launchany Habieputri dengan kategori wanita U-10.

Editor      : Bagusthira Evan Pratama
Reporter : (isa/JPC)