Positif Doping, Jawara Asian Games 2014 Asal Tiongkok Ini Dihukum

JawaPos.com – Reputasi pelari gawang 100 meter putri asal Tiongkok Wu Shuijiao tercoreng. Jawara Asian Games 2014 itu tersandung kasus doping.

Dilansir dari scmp.com, oleh Asosiasi Atletik Tiongkok, Shuijiao dihukum tidak boleh bertanding selama empat tahun. Hukumannya baru akan dicabut pada tahun 2022 mendatang.

Tes doping kepada Shuijiao sendiri dilakukan pada Juni 2018. Dari hasil tes, urin Shuijiao positif mengandung norandrosterone. Shuijiao kemudian memohon untuk pengambilan sampel B untuk membantah hasil sampel A. Hal ini juga sekaligus menjawab alasan ketidakhadiran Shuijiao di Asian Games 2018 kemarin.

Pada putusan yang dilakukan pada bulan lalu, Shuijiao tetap dinyatakan melakukan doping. Buntut dari kejadian ini, Asosiasi Atletik Tiongkok juga mendenda pelatih Shuijiao, Dai Jianhua sebesar 20 ribu yuan atau setara dengan Rp 41 juta, berikut larangan melatih selama 2 tahun.

Untuk diketahui, Shuijiao yang tahun ini akan genap berusia 27 tahun itu merupakan atlet lari gawang yang sangat dominan pada zamannya. Kecepatannya di lintasan membuat publik Tiongkok menjulukinya versi perempuan Liu Xiang, seorang atlet lari gawang putra yang menjuarai Olimpiade Athena 2004.

Editor           : Banu Adikara