Soal Anggaran SEA Games 2019, Kemenpora Gunakan Pola Asian Games 2018

JawaPos.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelontorkan anggaran untuk SEA Games 2019 mendatang dengan pola seperti Asian Games 2018. Mekanisme ini dilakukan karena dinilai terstruktur dengan baik.

Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto menuturkan bahwa mekanisme pemberian anggaran kepada setiap cabang olahraga (cabor, Red) akan dilakukan sebelum pelatihan nasional (pelatnas, Red) SEA Games 2019 dimulai. Karenanya, Gatot mengimbau para cabor untuk segera membuat dan mengirimkan proposal ke Kemenpora guna pencairan dana.

“Ini polanya seperti Asian Games 2018 kemarin. Kemarin itu kan nggak ada yang gaduh. Jangan seperti SEA Games 2017 lalu, karena semuanya dilakukan terlambat, akhirnya ada honor terlambat, peralatan terlambat, akomodasi terlambat,” kata Gatot, Jumat (18/1).

Gatot menjelaskan, pihaknya sudah mengimbau kepada para cabor untuk memberikan proposal pengajuan dana pelatnas SEA Games 2019 pada tanggal 7-10 Januari kemarin. “Proposal dikirim ke  Deputi IV Kemenpora agar bisa diperiksa dan dikaji. Sampai saat ini sudah ada 30 persen para cabang olahraga yang menyerahkan proposal ke Kemenpora,” kata Gatot.

Kendati demikian, Gatot mengungkapkan bahwa pihaknya akan memilih dengan cermat cabor mana saja yang pengajuan dananya akan disetujui. Hal ini perlu dilakukan agar dana yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan mubazir.

“Nanti kan ada 56 cabor di SEA Games 2019, tapi belum tahu (semua cabor tersebut, Red) ikut atau enggak, karena akan memakan anggaran yang sangat besar. Jadi kami harus cerdik memilih cabor-cabor yang berpotensi medapatkan emas,” tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi